Berita

BKM Kecamatan se-Aceh Besar Dikukuhkan

Sabtu, 12 Agustus 2023 16:48 WIB
  • Share this on:

Kemenag Aceh Besar -- Jantho - Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Aceh Besar yang juga Ketua Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) Kabupaten Aceh Besar, H Salman Arifin MPd mengukuhkan secara resmi kepengurusan BKM kecamatan se-Kabupaten Aceh Besar. Acara dilaksanakan di Masjid Al-Faizin, Lampeuneurut, Aceh Besar, Sabtu 12 Agustus 2023.

Acara dirangkai dengan pembukaan manasik sepanjang tahun angkatan kedua yang dihadiri 359 calon jamaah haji (JCH), dengan estimasi keberangkatan tahun 2024.

H Salman mengajak seluruh pengurus BKM yang baru dikukuhkan untuk bekerja maksimal sehingga keberadaan BKM ini dirasakan manfaatnya bagi seluruh masyarakat.

Mantan Kakankemeng Aceh Timur ini menambahkan bahwa ada perbedaan antara Badan Kemakmuran Masjid dengan Badan Kesejahteraan Masjid. Badan Kemakmuran Masjid hanya di masjid yang menjadi kepengurusannya. Sementara Badan Kesejahteraan Masjid adalah seluruh masjid yang ada dalam kecamatan yang bersangkutan.

"Kesejahteraan fokus pada penyelesaian masalah yang ada dalam suatu masjid bila ada komplik. Sementara kemakmuran stresing kepengurusan lebih kepada pencukupan kebutuhan yang ada di suatu masjid seperti keberhasilan, sarana dan prasarana, dan sebagainya," jelas Salman dalam sambutannya yang berbarengan dengan pembukaan manasik haji sepanjang tahun. 

Salman meminta kepada seluruh JCH dapat mengikuti manasik ini dengan maksimal, sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Ketua panitia pelaksana yang juga Kasi Bimas Islam Kakemenag Aceh Besar, H Akhyar dalam laporannya mengatakan bahwa Aceh Besar merupakan daerah perdana yang mengukuhkan kepengurusan BKM, baik tingkat kabupaten maupun tingkat kecamatan.

"Percepatan ini agar keberadaan BKM bisa langsung dirasakan masyarakat," ujar H Akhyar.

Editor:
Herman
Penulis:
Amiruddin
Fotografer:
Amiruddin

Kalender

Mei 2024
MIN SEN SEL RAB KAM JUM SAB

Gallery

  • -
  • -
  • -
  • -
  • -